Skip to main content

4 Langkah Anti Gagal Membuat Minuman Dalgona (No Clickbait!)

Langkah anti gagal dan teruji untuk membuat minuman dalgona yang belum banyak orang tahu. Minuman dalgona belakangan ini memang sedang hits. Berawal dari kopi dalgona yang hits di Korea, saat ini minuman-minuman lain juga banyak dibuat versi dalgonanya.

Membuat Minuman Dalgona

minuman dalgona


Nah, meski sudah banyak tutorialnya di Youtube tetap saja ada beberapa orang yang masih saja gagal dalam membuat minuman dalgona. Lalu bagaimana sih cara yang benar dan sudah teruji untuk membuat minuman dalgona yang anti gagal? Apa saja alat dan bahan yang harus digunakan agar minuman dalgona berhasil sempurna?

1. Kopi atau Bahan yang Digunakan

Untuk membuat dalgona kopi bahan yang kalian gunakan tentunya kopi, gula pasir, dan air. Kopi yang paling pas untuk mmebuat minuman dalgona kopi sejauh ini sih cuma kopi Nescafe original. Kalian bisa pakai yang classic, green blend, atau yang gold. Sesuai selera aja sih. Boleh pakai yang sachetan atau kemasan besar karena isinya sama saja hanya kemasan yang beda.

FYI, untuk yang tidak biasa meminum kopi nescafe itu termasuk keras . jadi, jangan terlalu banyak memakai bubuk kopinya ya guys. Buat kalian yang tidak suka atau tidak bisa minum kopi juga ada minuman lain yang nikmat dibuat menjadi minuman dalgona. Misalnya saja matcha, minuman coklat, dan sebagainya. 

Nah, untuk selain kopi nescafe ada bahan tambahan selain gula pasir dan air yang harus kalian tambahkan ke dalam reswp minuman dalgona. Bahan ajaib itu tak lain adalah whipped ceream. Kalian bisa pakai whipped cream yang cair atau yang bubuk. Whipped cream ini juga dipakai untuk minuman dalgona kopi selain kopi nescafe ya guys. Kalau tanpa whipped cream semuanya bisa failed kecuali kopi nescafe.

dalgona kopi
image source: tokopedia


2. Takaran

Takaran resep minuman dalgona memiliki ukuran yang sama pada setiap bahan yang digunakan, alias 1 : 1. Misalkan saja kalian akan membuat minuman dalgona matcha, maka kalian harus menakar semua bahan sama rata. Matcha 1 sendok, gula pasir 1 sendok, whipped cream satu sendok, dan air juga sebanyak satu dendok.

Usahakan memakai sendok takar ya guys, agar takaran bahan-bahannya sama rata. Jika terlalu encer bisa-bisa minuman dalgona kalian failed. Kalau terlalu kental juga nantinya tidak bisa diblend dengan susu pas disajikan. Ukurannya tidak harus satu sendok ya. Kalian bisa memakai beberapa sendok yang terpenting sama rata.

3. Alat Pengocok

Alat pengocok yang paling recomended tentu saja mixer karena mengocok menggunakan mixer sudah pasti tidak akan gagal. Tentu jika semua bahan takarannya sudah sesuai. Nah, bila tidak punya mixer pengocok apa sih yang paling pas?

Ini hal penting lainnya disamping takaran yang harus kalian perhitungkan. Orang-orang bereksperimen tentang alat pengocok apa yang paling efektif dan paling cepat untuk membuat dalgona drink. Mulai dari hand mixer mini dengan atau tanpa batere, whisk, saringan, sampai sendok.

Setelah bereksperimen ternyata alat yang paling efektif menurutku adalah WHISKER alias pengocok adonan. Kenapa aku bilang whisker? Karena aku udah mencoba semua alat. Kalau pakai hand mixer mini dengan batere alatnya bisa rusak saat dalgona mulai mengental.


Kalau pakai hand mixer mini yang tanpa batere bagian ujungnya bisa mekar setelah terlalu lama mengocok bahan yang mengental. Sedangkan kalau pakai saringan agak ribet dan tidak secepat orang-orang di youtube contohkan. Minuman dalgonaku lebih cepat jadi tanpa merusak alat saat pakai whisker.

Aku memilih whisker karena ada alasan tersendiri. Selain whisker gampang dipegang dan memang alat pengocok yang mudah digunakan di media apa saja (mangkok atau gelas), alat ini yang paling mirip dengan mixer.  Dengan kata lain akan lebih berhasil daripada alat lainnya, seperti sendok maupun saringan.

4. Cara dan Lama Mengocok

Ada yang bilang kalau minuman dalgona harus diaduk sebanyak 400x putaran. Ada juga yang bilang kalau membuat minuman dalgona itu harus diaduk satu arah saja agar  cepat mengental. Semuanya itu tidak benar tidak juga salah.

Perlu kalian ketahui mengocok dalgona itu bukan soal alat atau berapa lama bahan dikocok, tapi SEBERAPA CEPAT kita mengocok bahan-bahan minuman dalgona. Semakin cepat kita mengocok maka minuman dalgona akan semakin cepat jadi atau mengental. Sama halnya saat kita memakai mixer yang berputar dengan kecepatan tinggi. Jadi, semua ini hanya soal kecepatan ya guys.


Comments

Popular posts from this blog

Sederet Keseruan Di Event Oreo 110th Birthday Celebration

Gak kerasa nih tahun ini adalah Oreo 110th Birtday Celebration. Sudah selama itu ya biskuit Oreo menemani hari-hari kita semua. Salah satu camilan favorit di masa kecil yang sekarang sudah jadi camilan favorit anak-anak dan keponakan. Di Oreo 110th Birthday Celebration kali ini ada rasa baru dari varian biskuit Oreo loh. Ada AR filter Instagram yg seru juga hal menarik lainnya yang berkaitan dengan Orean dan FnB. Iklan Oreo Booming Apa sih yang paling melekat di benak kalian jika mendengar kata Oreo. Biskuit yang telah dinikmati dari generasi ke generasi ini memang sudah tidak asing lagi. Selain terkenal karena kelezatannya Oreo juga terkenal karena iklannya yang booming. Contohnya saja iklan yang dibintangi Muhammad Dwiky Riza di tahun ‘99.  Iklan Oreo yang dibintangi RIza pada masa itu menceritakan tentang cara asik makan Oreo. Setelah iklan tersebut tayang, banyak anak-anak yang mulai menikmati oreo dengan cara diputar, dijilat, lalu dicelupin ke susu putih. Hayo ngaku siapa yang ma

Ilmu dan Info Menarik

Hi! It’s Sophie here. Info dan Ilmu menarik akan banyak di share di blog ini. Setelah sekian purnama ga nyentuh blog pribadi akhirnya aku balik lagi. Btw, aku udah ga nulis di blogku yang lama karena terlalu berantakan di sana dan tulisannya juga terlalu random plus alay. Di blog ini aku akan lebih sering share pengalaman pribadi, tapi tentu berupa tips-tips informatif yang mudah-mudahan berguna bagi kalian yang baca. Kalian boleh tanya apa aja di kolom komentar dan request tulisan apa aja yang mau aku bahas di bagian selanjutnya. Koreksi dan kasih tambahan info yang berguna juga boleh banget. Pokoknya di blog ini kita saling berbagi ilmu aja.  Pembahasannya  boleh tentang apa aja. Parenting, cooking, baking, otomotif, elektronik, pengetahuan umum, dan agama. oh, i’m a moslem so aku cuma bisa berbagi bahasan soal agama Islam karena cuma itu yang aku tahu. Sekali lagi, blog ini isinya berdasarkan pengalaman pribadi ya. Jadi, untuk infonya didalamnya hanya sebatas pengalaman yang udah pe